Memegang Teguh Tradisi Meugang

Hari Raya Iedul Adha kali ini, saya jauh dari tanah kelahiran, jauh dari keluarga dan sanak saudara, sebuah tugas sukarela dari Gerakan Pramuka membuat saya terdampar di sebuah Provinsi paling ujung di barat Indonesia. Ya, Provinsi Aceh.

Aceh, merupakan salah satu Daerah Istimewa, Syariat Islam ditegakkan di kota ini. tak heran, Hari Raya Iedul Adha disambut dengan segala kemeriahan pula, bahkan menurut beberapa teman disini, perayaan Iedul Adha di Banda Aceh, jauh lebih meriah dari pada saat Iedul Fitri.

Beberapa hari sebelum solat Iedul Adha, masyarakat Aceh disibukkan dengan membuat segala makanan yang berbahan dasar Daging. biasanya makanan-makanan khas Aceh, hampir mirip seperti masakan Padang atau daerah timur tengah sana, yang banyak meggunakan santan dan bumbu Kari. karena satu hari sebelum perayaan Iedul Adha mereka akan melaksanakan tradisi Meugang Raya dapat diartikan Meugang Besar

Meugang adalah sebuah Tradisi di masyarakat Aceh, saat seorang Pria Dewasa harus dapat membawa pulang Daging Sapi atau Kambing untuk dapat dimasak dan dimakan bersama keluarga. Dalam satu tahun ada 3 Meugang Raya, yakni sehari menjelang bulan Ramadhan, sehari menjelang Iedul Fitri dan menjelang Iedul Adha. Jadi setidaknya 3 kali masayarakat Aceh bisa makan Daging. Kata seorang teman "semiskin-miskinnya orang Aceh, pasti bisa makan daging saat Meugang"

Karena tak punya keluarga di Banda Aceh, saya dan beberapa teman senasib seperantauan kami diundang makan dirumah seorang teman, tentunya ditemani oleh beberapa teman yang tidak bisa pulang kampung karena kebagian jatah menjadi pengawal kami sang Musafir dari Ibukota (sok dramatis). Sambil makan, teman kami yang asli dari banda aceh, bercanda "Ya Allah, malu kali lah mak kita nih, anaknya numpang makan dirumah orang" jadi saat Meugang, seluruh anggota keluarga wajib makan dirumah, dan pantang sekali makan dirumah orang atau di warung. karena seakan-akan tidak ada makanan(daging) dirumahnya.

Selamat Iedul Adha 1431 H
Terima Kasih untuk Sahabat-sahabat saya di Aceh yang rela tidak pulang kampung berbagi kehangatan di Hari Raya
Salam Kangen untuk semua keluarga di Ibukota :)





Komentar

  1. manteeep kan meugang di aceh.....

    BalasHapus
  2. Ied... Pray... Love...
    Satu kesempatan kita belajar n dapet pengalaman yang luar biaza yach Put...
    Kita senasib sepenanggungan di Aceh... tapi akan terkenang terus seumur hidup kita...
    Bravo Aceh...
    Meuseraya Iedul Adha at Aceh...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer